Sabtu, 26 November 2011

ORIENTASI SEKSUAL MENJADI PERDEBATAN ?



                Berbicara orientasi seksual mungkin secara umum orang akan beranggapan bahwa sebatas ketertarikan terhadap sesame jenis. Sedangkan bentuk lain merupakan suatu keanehan yang harus di hindari bahkan tidak boleh ada. Sehingga segala orientasi seksualyang di luar orientasi ketertarikan kepada lain jenis harus perlu dibasmi dan di perdebatkan.
            Orientasi seksual adalah adalah pola ketertarikan seksual emosional, romantis, dan/atau seksual terhadap laki-laki, perempuan, keduanya, tak satupun, atau jenis kelamin lain. American Psychological Association menyebutkan bahwa istilah ini juga merujuk pada perasaan seseorang terhadap "identitas pribadi dan sosial berdasarkan ketertarikan itu, perilaku pengungkapannya, dan keanggotaan pada komunitas yang sama. Orientasi seksual biasanya dikelompokkan menurut gender atau jenis kelamin yang dianggap menarik oleh seseorang, yaitu heteroseksual, homoseksual, dan biseksual. Di antara heteroseksual eksklusif dan homoseksual eksklusif terdapat kelompok-kelompok orientasi seksual antara, termasuk berbagai bentuk biseksualitas. Pembagian ini kadang dianggap tidak pula mencukupi karena ada kelompok orang yang mengidentifikasikan diri mereka sebagai aseksual. Para seksolog pun menganggap skala linear antara heteroseksual dan homoseksual ini merupakan penyederhanaan yang berlebihan terhadap konsep identitas seksual yang lebih luas.
            Di Indonesia (masyarakat awam) menyatakan bahwa homoseksual dan biseksual dianggap merupakan suatu penyimpangan atau pun penyakit. Pada hal secara tegas pada 17 mei 1975 badan kesehatan dunia yang di bawah naungan PBB yaitu WHO jelas menyatkan bahwa homoseksual bukanlah sebuah bentuk gangguan jiwa tetapi suatu bentuk keberagaman orientasi seksual. Peryataan ini lebih dipertegas lagi dalam pedoman penggolangan diagnose gangguan jiwa pada tahun 1993 oelh departemen kesehatan republik Indonesia.
            Keberagaman orientasi seksual ini seolah menjadi perdebatan yang seharusnya tidka perlu diperdebatkan. Kerena orientasi seksual merupakan suatu keberagaman yang memang ada, bukan karna dibentuk dengan sengaja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar